Bermain Matematika dengan Ular Tangga

16 Jan

Masa seperti sekarang ini, saat ulangan berakhir, biasanya saya mengisi materi di kelas dengan bermain matematika. Maksudnya jelas, anak tetap belajar tapi dalam suasana santai dan menyenangkan. Tahu sendiri kan, kalau tidak dalam format bermain mereka biasanya akan protes dan ogah belajar.

Pada pertemuan sebelumnya saya sudah memberikan permainan matematika dot do dot dan meminta mereka mewarnainya. Dot to dot pun disesuaikan dengan tingkat kesulitan kelas. Misalnya untuk kelas rendah, hanya membilang urut. Sedangkan untuk kelas yang lebih tinggi, biasanya akan saya sajikan dot do dot bilangan genap, bilangan ganjil atau bilangan loncat tertentu. Bisa juga berupa bilangan prima.

Sebagai pengajar, saya memang harus kreatif. Putar otak, akhirnya ketemu format bermain matematika ala ular tangga. Ya betul, ide sebenarnya dari permainan ular tangga yang biasa dimainkan anak-anak. Hanya kali ini, mereka harus menyelesaikan beberapa soal yang berhubungan dengan matematika.

Sebagaimana permainan dot to dot, saya pun menyesuaikannya dengan tingkatan kelas. Berikut adalah contoh bermain matematika dengan ular tangga untuk tingkatan kelas 2 SD.

Seru kan? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: